Tuesday, May 12, 2015

Suntingan Berita

Kerap Rugikan Nelayan, HSNI: Menteri Susi Belum Layak Di-reshuffle
Selasa, 12 Mei 2015 , 19:09:00 WIB

IST

RMOL. Meski kerap menggulirkan kebijakan kontroversial dan merugikan nelayan, namun belum saatnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di-reshuffle.

"Menteri Susi sudah mengeluarkan banyak kebijakan, dan harus diberi kesempatan untuk melakukannya. Tidak boleh dong lepas tangan atas kebijakan yang sudah dikeluarkannya," kata Koordinator DPP Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bidang Energi dan Sarana Prasarana Perikanan, Siswaryudi Heru di Jakarta, Selasa (12/5).

Ia mengatakan, lebih baik memberi waktu terlebih dahulu ke Menteri Susi agar bekerja dengan benar dan tidak merugikan petani.

"Kasih waktu satu tahunlah untuk menteri melakukan kebijakannya. Jika dalam satu tahun juga tidak ada perubahan, ya dievaluasi dan diganti silakan saja,” ujar Wakil Ketua Komite Tetap Maritim Dan Pesisir Bidang Infrastruktur Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) Indonesia itu.

Alasan lain yang dilontarkan Siswaryudi bahwa Menteri Susi belum layak di-reshuffle adalah, karena kebijakan yang dikeluarkan menteri itu akan menimbulkan kegamangan dan tidak adanya kepastian regulasi apabila menteri pengganti tidak meneruskan kebijakan yang sudah dikeluarkan.

"Yang pasti, sangat dibutuhkan fleksibiliti dan ruang yang memadai kepada nelayan untuk bisa menyesuaikan diri menerapkan kebijakan yang dikeluarkan. Karena itu, bisa juga nelayan dan semua stakeholders dilibatkan, pemerintah juga memberikan bantuan kepada nelayan untuk mempercepat pelaksanaan kebijakan," pungkas dia. [arp]