Tuesday, May 12, 2015

Suntingan Berita



Evaluasi Total Menteri Susi!
Selasa, 12 Mei 2015 , 17:48:00 WIB

IST

RMOL. Kinerja Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP) di bawah pimpinan Menteri Susi Pudjiastuti sangat penting untuk dilakukan evaluasi menyeluruh.

Selain karena telah menelurkan sejumlah kebijakan terkait pengelolaan ikan, pelayaran, illegal fishing, penggunaan alat tangkap, kinerja Menteri Susi dalam satu semester pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla merupakan salah satu kementerian yang seharusnya menjadi pos andalan dalam membangun Indonesia.

Koordinator DPP Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Bidang Energi dan Sarana Prasarana Perikanan, Siswaryudi Heru menyampaikan, meski di sektor kelautan, Menteri Susi mencoba melakukan 'Revolusi Mental' melalui sejumlah kebijakan yang dikeluarkannya, akan tetapi upaya itu justru sering dianggap kontraproduktif kepada kehidupan nelayan kecil.

Malah menimbulkan persoalan pelik yang semakin membuat kehidupan nelayan kian terpuruk dalam kesulitan.

"Menteri KP sudah banyak mengeluarkan Permen (Peraturan Menteri), nah semua kebijakannya itu memang harus dievaluasi sejauh mana pelaksanaannya dan dampaknya bagi masyarakat nelayan," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/5).

Selama enam bulan ini, sambungnya, kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan cenderung main hajar saja. Tidak ada ruang sosialisasi yang memadai kepada nelayan, tidak mau mendengar dan menyerap aspirasi langsung dari para nelayan kecil.

"Akhirnya menimbulkan gejolak perlawanan dari para nelayan itu sendiri," papar Siswaryudi Heru.[arp]